Program yang sudah berjalan
No
|
Program
|
Peserta
|
1
|
Training Guru “Pemahaman Konsep Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA
Yang Menyenangkan”
|
Guru SD Capriasi Yoel
Guru SD Harapan Bagi Bangsa
|
2
|
Implementasi Pemahaman Konsep Mat, Bahasa, dan IPA
|
Guru SD Capriasi Yoel
(6 orang) |
3
|
Coaching “Pembuatan Program Semester dan Program Tahunan”
|
Kepsek dan Guru SD Capriasi
Yoel (8 orang)
|
4
|
Teacher’s Meeting I
(Evaluasi Periode I) |
Kepsek dan Guru SD Capriasi Yoel
|
5
|
Training Guru “Pembuatan Rencana Pengajaran Pembelajaran (RPP)”
|
Guru SD Capriasi Yoel
(8 orang) |
6
|
Implementasi Pembuatan RPP
(1 pelajaran tiap guru) |
Guru SD Capriasi Yoel
(8 orang) |
7
|
Pra-UTS AAS (Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia)
|
Siswa kelas 1 – 6 SD
|
8
|
Teacher’s Meeting II (Evaluasi Periode II dan Analisis Hasil Pra-UTS
Siswa)
|
Kepsek dan Guru SD Capriasi Yoel
|
9
|
Training Guru “Active Learning dan Classroom Management)
|
Guru SD Capriasi Yoel
Guru SD Harapan Bagi
|
10
|
Implementasi Active Learning dan Classroom Management
(2 pelajaran tiap guru) |
Guru SD Capriasi Yoel
(8 orang) |
SD Capriasi Yoel yang terletak di Cilincing adalah
salah satu sekolah yang baru diadopsi oleh tim Adopt a School. Untuk periode
awal ini, guru-guru diperlengkapi dengan training “Pemahaman Konsep Materi”
untuk mengajar pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA dengan menarik.
Selain itu ada juga sessi motivasi untuk kembali menyegarkan dan memotivasi
guru untuk memberikan pengajaran yang terbaik bagi siswa-siswanya
Keceriaan guru-guru SD Capriasi Yoel dan Harapan Bagi Bangsa
saat
Training “Pemahaman Konsep Mat, Bahasa dan IPA”
Training “Pemahaman Konsep Mat, Bahasa dan IPA”
Guru antusias dalam diskusi dan interaksi dalam
Training “Pemahaman Konsep Mat, Bahasa dan IPA”
Training “Pemahaman Konsep Mat, Bahasa dan IPA”
Selain Training, guru-guru juga diberi pelatihan tentang
cara pembuatan Program Semester dan Program Tahunan, agar guru bisa
mengestimasi dan menyesuaikan beban materi yang diajarkan dengan waktu
penyampaian materi yang disesuaikan dengan kalender akademis sekolah tersebut.
Guru bersemangat mengikuti
Coaching Pembuatan Program Semester dan Program Tahunan
Coaching Pembuatan Program Semester dan Program Tahunan
Untuk memfollow-up training yang sudah berlangsung,
guru-guru diminta untuk mengimplementasikannya di dalam kelas. Sebelumnya guru
juga boleh berkonsultasi dengan tim Adopt a School dari Master’s Hand
Foundation, untuk mempersiapkan pengajaran konsep yang tepat dan menarik bagi
siswa.
Guru membantu siswa lebih memahami konsep “Bagian Tubuh
Hewan” dengan alat peraga boneka hewan (IPA
kelas 2)
Guru dan siswa memainkan drama singkat tentang materi “Kata Sapaan” (Bahasa Indonesia kelas 1)
Untuk mengetahui tingkat perkembangan dan keberhasilan program AAS bagi guru-guru SD Capriasi Yoel, maka siswa-siswanya juga harus mengerjakan Pra-UTS yang telah disediakan oleh tim AAS. Hal ini juga bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi UTS.
Siswa mengerjakan soal Pra-UTS AAS
Tingkat keberhasilan siswa nantinya akan dianalis oleh tim
AAS, dan guru yang berhasil menjalankan program dengan baik atau menunjukkan perkembangan
yang signifikan akan mendapatkan reward dari Master’s Hand Foundation. Semuanya
dibahas dalam Teacher’s Meering yang diadakan setelah 1 periode program selesai
Nah di bulan Oktober, SD Capriasi Yoel sudah memasuki
periode ke-2 dari program Adopt a School. Di awal periode ini guru-guru akan
diperlengkapi dalam Training Active Learning dan Classroom Management, agar
potensi guru dapat lebih berkembang.
Kebersamaan guru-guru SD Capriasi Yoel dan guru-guru SD Harapan Bagi Bangsa dalam menyelesaikan tantangan games dari MC (Training Guru “Active Learning” dan “Classroom Management”)
Guru mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan memperhatikan
setiap materi yang trainer sampaikan (Training
Guru “Active Learning” dan “Classroom Management”)
Sebagai follow-up dari training yang sudah berlangsung, guru-guru diminta untuk mengimplementasikannya di dalam kelas. Ternyata dengan teknik Active Learning siswa lebih bersemangat belajar dan guru-gurunya juga semakin kreatif.
Siswa satu per satu menempelkan rumah-rumahan untuk melengkapi denah, berdasarkan petunjuk yang guru berikan (Implementasi Active Learning Bahasa Indonesia kelas 4)
Aktivitas siswa mencari sendiri rumus Keliling dan Luas
Bangun Layang-Layang (Implementasi Active
Learning Matematika kelas 5)
Demikian program Adopt a School periode Juli - November untuk SD Capriasi Yoel. Tetap semangat dan berkarya..
No comments:
Post a Comment