Header

Monday, December 19, 2011

TK Smart Kids dan TK Harapan Bagi Bangsa (Periode Juli - Des 2012)

Program yang sudah berjalan :

No
Program
Peserta
1
Training Guru “Learning Readiness”
Guru TK Smart Kid dan TK Harapann Bagi Bangsa
2
Implementasi Learning Readiness
Guru TK Smart Kid (4 guru)
3
Training Guru “Playful Learning”
Guru TK Smart Kid dan TK Harapan Bagi Bangsa
4
Implementasi Playful Learning
Guru TK Smart Kid (5 guru)

Di awal periode baru ini, program untuk Taman Kanak-kanak mulai diselenggarakan, di dua  taman kanak-kanak yaitu di TK Smart Kid yang terletak di daerah ruko Pulomas, Jakarta Timur dan di TK Harapan Bagi Bangsa yang terletak di daerah Tanah Merah, Kelapa Gading. Training pertama yang diberikan mengenai Learning Readiness dengan tujuan untuk memperkaya pengetahuan guru dalam mempersiapkan siswa taman kanak-kanak terutama dalam calistung (membaca, menulis dan berhitung). Selain itu, dalam training ini, guru juga dibekali dengan teknik pengelolaan kelas (classroom management)






Sessi Learning Readiness oleh 
Septiari Goloa, M.Pd (cand.)





 







Sessi Class Management oleh Sufi, S.Pd








Project Follow Up yang dilakukan berupa supervisi Math Readiness dan Language Readiness satu kali dalam seminggu. Secara bergantian, setiap guru akan disupervisi cara mengajarnya yang berhubungan dengan Math Readiness dan Language Readiness. Di sinilah akan terlihat perkembangan setiap guru.





Mr. Christian, guru kelas Kindergarten 2, sedang mengajarkan tentang konsep berhitung. (Implementasi Math Readiness TK Smart Kids)






 




Ms. Suji sedang menjelaskan mengenai menghitung 1-5 (Implementasi Math Readiness TK Harapan Bagi Bangsa)





 Training kedua yang diadakan adalah “Playful Learning”. Sessi pertama training ini mengenai Pentingnya bermain untuk anak usia dini yang dibawakan oleh Maria Faustina, S.Pd. Di sessi ini dibahas bentuk/ jenis permainan yang bisa menjadi sarana untuk perkembangan kognitif, motorik, keterampilan sosial anak, dan pembelajaran nilai-nilai hidup. 






Sessi pertama oleh Maria Faustina, S.Pd mengenai manfaat dan jenis permainan untuk anak (Training Playful Learning)




 





Ms Devi dan kelompok mempraktekan cara membawakan permainan pada sessi pertama.











Ms Ana mempraktekkan permainan peran dengan menggunakan sebuah boneka tangan.







Pada sessi kedua, Septiari Goloa, M.Pd (cand) membawakan tentang Alat Permainan Edukatif, dimana permainan bisa dibuat sendiri dari barang-barang yang ada disekitar kita.

 Septiari Goloa, M.Pd (cand) membawakan sessi kedua mengenai Alat Permainan Edukatif (Training Playful Learning)

Agar lebih memahami materi training, guru-guru juga diajak untuk melakukan simulasi beberapa permainan. Guru-guru terlihat sangat antusias dan menikmati alam mempraktekkan permainan tersebut

 





 Permainan Kartu Bergambar





 




   



Permainan lempar Dart









Untuk project follow up, setiap guru mendapatkan 2 kali kesempatan melakukan kegiatan permainan di kelas. Pertama, guru harus memilih 1 dari 4 jenis permainan (sensorimotor, konstruktif, peran, dan game with rule) yang sudah sempat mereka praktekan di sessi pertama. Berikut adalah dokumentasi beberapa project follow up :





Bermain Peran - pasar-pasaran (oleh Ms. Betty kelas K2 TK Smart Kids – tema tumbuhan)

 





Bermain Permainan dengan instruksi – Makudonarudo (oleh Ms. Yessy kelas K2 TK Smart Kids)




 






Bermain Balok (oleh Ms. Doris kelas TK A Harapan Bagi Bangsa)







Kesempatan kedua, guru harus membuat satu alat bermain yang bisa digunakan di kelas untuk bermain dengan anak.

 




Bermain Kartu Jepit (oleh Ms. Devi kelas Play Group TK Smart Kids) – tema hewan - tumbuhan






 

 

Bermain Kartu domino buah (oleh Ms. Sandra kelas TK B Harapan Bagi Bangsa) tema tumbuhan




 





 
Bermain dadu suku kata (oleh Ms. Suji kelas TK A Harapan Bagi Bangsa)








Demikian program Adopt a School periode Juli - November untuk TK Smart Kids dan TK Harapan Bagi Bangsa. Tetap semangat dan berkarya..

No comments:

Post a Comment