Header

Tuesday, September 11, 2012

Training Mind Mapping Siswa SD St. Andreas

Setelah guru SD St. Andreas mendapatkan training tentang Mind Mapping pada bulan Juli lalu, giliran siswa yang mendapatkan training. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan pelaksanaan penggunaan Mind Mapping dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah St. Andreas.
Training yang diadakan pada tgl 13, 14, 15 Agustus 2012 itu dimulai dengan permainan ‘Bola Panas’. Siswa yang menerima lemparan bola harus menyebutkan satu kata sesuai tema yang diberikan tim AAS dan melemparkan bola kembali. Siswa/i SD St. Andreas menikmati permainan ini.
Siswa bermain ‘Bola Panas’

Sebagai pendahuluan dalam sesi materi, siswa diminta untuk membayangkan jalan pintas, jurus rahasia, ataupun rumus ajaib yang dapat membantu mereka belajar dengan lebih baik. 
Siswa membayangkan hal yang membantu mereka belajar
 
Materi Mind Mapping yang disampaikan bertujuan mengubah cara belajar siswa selama ini yang cenderung menggunakan hanya sisi otak sebelah kiri mereka. Penggunaan Mind Mapping akan membantu mereka belajar dengan lebih baik karena menggunakan kedua sisi otak mereka, yaitu bagian kanan dan kiri.
Siswa aktif mendengarkan materi yang disampaikan

Pada akhir sesi pertama, siswa berlatih untuk membuat Mind Mapping bersama di selembar kertas yang besar. Siswa menentukan bersama kata kunci yang akan dipakai berdasarkan teks yang diberikan tim AAS. Lalu beberapa murid diminta untuk menggambarkan Mind Mapping.

 Latihan bersama membuat Mind Mapping

Pada sesi kedua, siswa dibagi berkelompok. Tiap kelompok mendapatkan selembar teks untuk membuat Mind Mapping. Setelah selesai, tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil Mind Mapping mereka. Ternyata siswa/i SD St. Andreas menunjukkan kreatifitas yang tinggi dan kemampuan untuk membuat Mind Mapping dengan benar. Siswa/i SD St. Andreas, hebat!

 Siswa bekerja sama mencari kata kunci dalam teks


Siswa bekerja sama membuat Mind Mapping
 

 Presentasi hasil Mind Mapping per kelompok

No comments:

Post a Comment